Monday, February 16, 2009

Pulau Batu Atas Bergeser

Bagaimana jika posisi daratan ataupun pulau yang anda pijak begeser didalam peta? Tentunya anda tidak akan terima bukan? Suatu saat saya menemukan sebuah kasus mengenai hal tersebut. Kebetulan saya memiliki beberapa seri data Rupa Bumi Indonesia (RBI) pulau Buton dan sekitarnya yang saya peroleh dari beberapa kolega. Dan katanya, data RBI tersebut berasal dari Bakosurtanal, instansi yang bertanggung jawab terhadap standarisasi survey dan pemetaan nasional. Saat akan menggunakannya, saya menemukan bahwa ada satu pulau yang bergeser dan tidak matching ketika melakukan overlay. Ya, pulau itu adalah Pulau Batu Atas yang secara administratif terletak di Kabupaten Buton, Prov. Sulawesi Tenggara. Posisinya yang masuk dalam jajaran pulau kecil karena letaknya yang berada ditengah-tengah Laut Flores membuat pulau ini seakan terlupakan.

Gambar tersebut diatas menunjukkan vektor disebelah utara Pulau Buton. Terlihat Batu Atas terletak sangat dekat dengan Siompu.

Sepintas tidak akan terlihat kejanggalan dari peta diatas. Tapi coba perhatikan jika peta tersebut dioverlaykan dengan citra. Akan tampak pergeseran yang saya maksudkan diatas.















2 comments:

  1. sejak kapan pulau batu atas bergeser ? , , ,

    ReplyDelete
  2. Mengapa Pulau Batu Atas dpat bergeser?
    Apa yanag mendasari pergeseran Pulau tersebut diatas.

    ReplyDelete

I am mine..

My photo
bukanlah siapa-siapa.....

Arsip

Ikutan Yuk....

Stop Bugil

Tuker Link Yuk..

Tinta Perak Blog